Home » » Pilih Jenis Obat Batuk

Pilih Jenis Obat Batuk

Written By TOKO BODAZ on Sunday, April 1, 2012 | 11:07 PM

Tidak semua jenis batuk dapat diobati dengan obat batuk. Farmakologi ahli Prof DR. Iwan Dharmansjah, Sp. F, menyebutkan setiap jenis batuk membutuhkan obat yang berbeda. Oleh karena itu belajar jenis pertama batuk yang dirasakan, kemudian pilih obat yang benar.
Batuk dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

1. Batuk ekspektoran:
Digunakan untuk mengobati batuk berdahak, ia bekerja untuk merangsang dan memfasilitasi pengeluaran dahak dan lendir. Agen ekspektoran berfungsi meningkatkan aliran cairan normal dan menghilangkan nyeri tenggorokan. Jenis obat batuk biasanya dicampur dengan beberapa bahan dari tanaman obat seperti: seperti jahe dan mint untuk memberikan rasa hangat di tenggorokan.

2. Antitusif batuk:
Bekerja menekan batuk batuk terletak di pusat canggih tulang belakang (medula). Biasanya digunakan untuk batuk berdahak karena obat ini tidak bekerja menekan pusat batuk di otak dan meningkatkan ambang rangsang batuk. Ini tersedia dalam bentuk cair dan padat.

Antitusif pada obat batuk ada dua agen yang umum digunakan adalah:
Kelas alkaloid seperti kodein, morfin, dionin, kodifront, dll Obat ini adiktif dan narkotis bisa.
Non dekstromethrophan morfin misalnya. Tidak menimbulkan zat aktif adalah adiktif.
Demikian juga dengan batuk disertai pilek. Harus melihat pertama pada penyebab batuk dan pilek. jika disebabkan oleh alergi sebaiknya menghindari zat penyebab alergi. Untuk diagnosis dokter sangat membantu dalam menentukan jenis obat

0 comments:

Post a Comment